Sunday, October 19, 2014

Chicken Mayo Choux (Sus Ayam Mayones

Variasi lain dari sus. Selain biasa dihidangkan manis baik dengan vla vanila maupun cokelat, sus juga enak disantap sebagai hidangan gurih. Resep yang satu ini cukup famous di dapur kami. 

Chicken Mayo Choux (Sus Ayam Mayones),
Oleh : Afifah

Bahan Sus :
200 cc air
100 gr Margarin / mentega
125 gr Tepung Protein Sedang (misal merk segitiga biru)
Sejumput garam (optional)

Bahan Isi:
250 gr ayam cincang
200 gr mayonaise
250 gr wortel potong dadu (kukus setengah matang)
3  buah jagung manis, sisir (kukus setengah matang)
3 siung bawang putih cincang halus
5 siung bawang merah cincang halus
1 buah bawang bombay cincang halus
2 sdm susu bubuk
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1/2 sdt merica
2 sdm maizena larutkan dengan sedikit air
Air secukupnya
Margarin untuk menumis

Cara Membuat : 
=> Rebus air, margarin dan garam sampai margarin larut, masukkan tepung terigu yang sudah diayak, aduk cepat sampai kalis. matikan api, tunggu hangat - dingin. Masukkan telur satu per satu sambil diaduk atau dimikser.
=> Dalam memasukkan telur, tunggu sampai semua terserap oleh adonan, baru tambahkan telur berikutnya. Berlaku untuk pengadukan menggunakan sendok kayu maupun mikser.
=> Semprotkan diatas loyang yang sudah disemir margarin, panggang sampai matang dalam oven, selama memanggang oven tidak boleh dibuka.
=> Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Belah tengah sus sampai putus lalu balik dan letakkan dalam posisi bertumpuk menyerupai mangkuk lalu isi dengan bahan isian. 
=> Untuk isian, panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang merah sampai harum dan menjadi bening. Masukkan bawang putih, tumis harum, tambahkan daging ayam, aduk sampai ayam berubah warna, tuang air, masak sampai terserap dan ayam matang. 
=> Tambahkan wortel dan jagung, beri garam, merica, gula pasir, aduk rata. Tambahkan susu bubuk dan kentalkan dengan maizena. Setelah mengental tuang mayones, aduk rata sampai mengkilat an licin. Matikan api. Tunggu sampai benar-benar dingin sebelum diisikan ke sus. Hidangkan sebagai teman minum teh atau kopi.

***

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah singgah. Jangan lupa tinggalkan jejak ya.
Thank you for reading. Please leave a comment.