Monday, February 23, 2015

Homemade Favorite Pancake/Waffle

Ini dia pancake super mudah yang biasa saya buat di rumah. Semua suka dengan rasanya. Biasanya saya menyiapkan chocolate shaving dan keju parut yang disiram susu kental manis putih untuk toppingnya. Namun enak juga kalau suka asin ditaburi mayonaise dan daging asap yang ditumis sebentar dengan margarin. Dari adonan yang sama bisa dibuat menjadi waffle jika punya cetakan atau waffle iron di rumah.

Tepung pancake mix ini juga bisa disimpan dalam keadaan kering, buat saja beberapa resep, jika akan membuat tinggal ambil secukupnya, tambahkan air, minyak dan telur, siap didadar dan dihidangkan. Konon pancake mix bisa disimpan dalam toples/wadah tertutup rapat tahan sampai 8 bulan, meskipun saya belum pernah menyimpan sampai se lama itu sih. hehehehe.....

Homemade Favorite Pancake (Panekuk Rumahan)
Oleh : Afifah

Bahan Kering:
2 Cup Tepung Terigu Serbaguna
3 Sdm Susu Bubuk
3 Sdm Gula Pasir
1 Sdt Garam Halus
2 Sdt Baking Powder

Bahan Cair:
3 Sdm Minyak Goreng
1 Butir telur
2 Cup Air

Cara Membuat :
Dalam wadah campur semua bahan kering, aduk dengan whisk sampai tercampur rata, tuangi dengan 1 1/2 cup air, aduk sampai tidak bergumpal sambil tuangi sisa air sedikit demi sedikit. tambahkan telur dan minyak goreng, aduk rata. Jika terlalu kental tambahkan air. Konsistensi adonan adalah lebih kental dari adonan pisang goreng. Jumlah air bisa diubah, sesuaikan dengan kondisi tepung. Setelah adonan licin maka siap didadar.
Panaskan pan dadar anti lengket, dadar adonan, tunggu sampai muncul lubang-lubang, balik, tunggu matang dan angkat. Adonan ini menghasilkan 12 pancake terngantung ukurannya.

Note: Gunakan wajan anti lengket untuk memberi warna yang bagus, jangan dioles minyak atau margarin.

Sori sori no pikcer nih... Akan diupdate kalo dah difotoin ya...

DapurNaila

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah singgah. Jangan lupa tinggalkan jejak ya.
Thank you for reading. Please leave a comment.