Tuesday, February 24, 2015

Nasi Goreng Kilat, #sarapancepat #hari(1)

Itu email semalam menghantui tidur saya. Cookpad Dapurmasak mengingatkan event Sarapan Cepat nya akan segera berlalu. Walaaah, belum sempat setoran. Berencana pagi nani masak dan difoto yang cantik untuk diposting. Eeeeeehhhh kok ya kesiangan. Ya sudah lah sesempatnya. Tanpa rekayasa, ini nasgor memang andalan banget mengisi pagi kami sekeluarga meskipun si Gendhuk gak mau makan yang batch pagi ini.

Sambil ngetik posting ini, ingatan saya terlempar pada momen di 2006 pas gempa Jogja. Saya sempat menjadi relawan di dapur RSUD Sardjito. Dapur profesional tentunya berisi orang-orang yang profesional juga di bidangnya. Lamat-lamat mendengar salah satu cook di situ menceritakan nasi goreng yang selalu dibikinnya di rumah. Menurut gambaran beliau, nasi gorengnya sedep dan seger. Kok seger??? Lha semua bumbunya ternyata dirajang, termasuk tomat dan cabenya.

Pulang ke rumah Oom (dulu selama di Jogja saya ndherek tinggal di rumah Oom, adik Bapak saya), langsung pergi ke dapur dan memasak sesuai instruksi yang beliau berikan. Hasilnya, amazing, memang somehow seger gitu.... Sejak saat itu, saya hampir selalu merajang bumbu nasi goreng yang saya buat.

Lalu saya menikah, dan pastinya membaur dengan keluarga suami. Belakangan kedapatan ternyata kakak sulung suami saya juga tidak menghaluskan bumbu nasi goreng yang dibuatnya melainkan hanya menggeprek/mememarkan saja semua bumbunya. Rasanya juga tidak kalah enaknya. Menurut saya, mungkin bumbu nasi goreng yang dirajang/digeprek ini membuat rasa nasi goreng menjadi lain karena dalam suapannya terkadang kita akan tergigit potongan bumbu yang menimbulkan sensasi sedap berbeda daripada kalo bumbunya diuleg. Disamping itu, jumlah bumbu memang lumayan lebih banyak imbang yang diuleg sih.

Variasi isian dan bumbunya bisa disesuaikan dengan selera. Tambahan rajangan bawang bombay, tomat segar, daun bawang, terasi, bahkan cabe merah atau rawit juga asyik. Kalau untuk isiannya yaaahh tergantung isi kulkas deh. Ayam suwir, telor, teri, ikan asin, bakso, sosis, daging asap. Suka-suka lah. 

W1siziisijiwmtuvmdivmjuvmdavmtkvmtmvndyvmjhkmjlmnjg5njziodiwnmu1mjquanbnil0swyjwiiwiy29udmvydcisii1hdxrvlw9yawvudcaglxnpz21vawrhbc1jb250cmfzdca0ldalil0swyjwiiwidgh1bwiilcizmjb4il1d?sha=f6137f1fEvent Sarapan Cepat kali ini, resep inilah yang saya post.

Nasi Goreng Kilat
By Afifah

Bahan:
300 gram Nasi Putih Dingin (2 piring)
2 siung Bawang Putih
3 siung Bawang Merah
1 sdm Kecap Manis
1 sdm Saus Tomat
5 butir Bakso
1 sdt Garam
1 sdm Margarin
1 sdt Minyak Goreng


Cara Membuat :
1. Rajang tipis atau geprek bawang merah dan bawang putih.
    Rajang tipis bakso.

2. Panaskan margarin dan minyak goreng dalam wajan, masukkan rajangan bawang. Setelah mulai layu,
    tambahkan kecap manis, saus tomat dan garam, aduk sampai harum.

3. Masukkan bakso dan nasi. Aduk rata, diamkan sejenak sampai ada suara gemertak (nasi goreng yang
    enak adalah jika ada rasa seperti dibakar-tapi bukan gosong ya...). Cicipi rasanya, jika sudah pas,
    matikan api, siap dihidangkan.

Sarapan Cepat


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah singgah. Jangan lupa tinggalkan jejak ya.
Thank you for reading. Please leave a comment.