Sunday, April 19, 2015

Pempek Kuah Ala Bangka

Ini resep sebenarnya diikutsertakan dalam event #Homemade di laman dapurmasak pada 2014 yang lalu. Kebetulan buka blog dan baru sadar bahwa ternyata banner dah dipasang tapi resepnya gak ditulis (*tutupmukapakeserbet).

Saya adalah penyuka makanan yang asem seger semacam asinan, pempek, otak-otak, somay, bakso, batagor.... (itu sih segala dilahap!!!) Naah, pempek Bangka adalah salah satu yang cukup menyita perhatian pada saat event tersebut berlangsung. Namun sayangnya, untuk mencicipinya tentu perlu effort besar termasuk beli tiket dan menyiapkan dana sewa kamar hotel di Bangka yang pasti tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat. Hehehehe.....
Jeruk Kunci, foto dipinjam dari sini

Akhirnya, bikin sendiri adalah solusinya. Untuk kuah saya sempat kebingungan karena ada satu bahan di dalamnya yaitu jeruk kunci (limau, lemon cui). Ini jeruk adalah kunci dari kuah si pempek yang konon membuatnya khas. Di Kalimantan Selatan, jeruk jenis ini biasa dikenal sebagai limau dan umumnya dijadikan campuran untuk sambal terasi atau teman makan Soto Banjar. Rasanya unik, sangat kecut dengan sedikit rasa manis yang tipiiiissss sekali. Konon di Bangka ini jeruk dijadikan minuman juga.

Pempek Bangka umumnya memiliki 3 (tiga) pilihan saus yakni kuah cabe, kuah belacan (terasi) dan kuah tauco. Dan yang juga khas, pempeknya tidak digoreng seperti lazimnya pempek Palembang yang digoreng kering setelah direbus.

Baiklah, ini resep yang saya post di dapurmasak, resep pempeknya sendiri saya ambil dari NCC. Sedangkan yang saya bagi kali ini adalah kuah cabe hasil racikan sendiri.


Pempek Kuah Ala Bangka
Pempek resep NCC
Kuah resep Afifah

Bahan Pempek :
600 gr Daging Ikan Tengiri
400 gr Sagu Tani
30 gr Tepung Terigu
400 cc Air
Garam Secukupnya
Air untuk merebus Secukupnya
Minyak Goreng untuk merebus Secukupnya

Bahan Kuah Cabai:
3 buah Cabe Merah (boleh menggunakan cabe kriting atau ditambah cabe rawit jika suka pedas)
3 siung Bawang Putih
200 cc Air
300 cc Air
3 sdm Gula Pasir
1 sdt Garam
6 - 7 buah Limau Cui

Cara Membuat :

  1. Pempek. Haluskan daging ikan tengiri, campur dengan garam, aduk rata. Tambahkan air (400 cc). Masukkan tepung terigu dan tepung sagu. Aduk rata, bentuk sesuai selera.
  2. Panaskan air untuk merebus, tambahkan sedikit minyak goreng supaya pempek tidak lengket saat direbus. Boleh tambahkan garam ke dalam air rebusan. Masukkan pempek yang sudah dibentuk, rebus sampai mengapung dan matang (15 menit). Tiriskan. 
  3. Kuah Bangka. Rebus bawang putih dan cabai merah dengan 200 cc air sampai empuk (10 menit). Tiriskan, haluskan dengan cobek atau dengan blender.
  4. Rebus cabe halus bersama 300 cc air sampai mendidih, masukkan gula dan garam, biarkan susut sedikit. Angkat dari api, Setelah hangat tambahkan air perasan limau cui. Siap dihidangkan.
W1siziisijiwmtuvmdivmtmvmdmvmjevndyvodc2lzdjowniowq2zdfkmjgxowfhmtiylmpwzyjdlfsiccisimnvbnzlcnqilcityxv0by1vcmllbnqgil0swyjwiiwidgh1bwiilci3odb4il1d?sha=8d54c2fa







2 comments:

  1. Koreksi keylime Itu tidak sama dengan lemon cui atau calamansi. Key lime Itu lbh kyk jeruk nipis di indo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya delete dari tulisan saya. Waduuuh, terimakasih atas koreksinya ya @Indonesia Eats. Terimakasih juga sudah singgah :)

      Delete

Terimakasih sudah singgah. Jangan lupa tinggalkan jejak ya.
Thank you for reading. Please leave a comment.