Thursday, July 17, 2014

Kangen Madiun - Bikin Jenang Grendul Aja


Bertambah umur dan semakin jauh perjalanan yang ditempuh ternyata membuat kangen masa-masa waktu masih di rumah Madiun dulu. Salah satu yang dikangei ya ini dia, bubur candil atau di Madiun biasa dikenal dengan Jenang Grendul. Rumah Madiun yang terletak di Jalan Punthuk dulu kerap disinggahi oleh banyak penjaja makanan. Favorit saya adalah sate laler (not literally lalat lho) dan aneka bubur. 

Rumah kami waktu itu sebelum direnovasi, membuat tukang jajanan termasuk bubur ini harus berjalan masuk sebuah lorong dan menemukan halamannya. Biasanya si ibu akan duduk diatas dingklik kecil di bawah pohon belimbing bintang dan menyajikan buburnya dalam mangkok gambar ayam jago atau dalam pincuk daun pisang lengkap dengan suru (sendok terbuat dari daun pisang dipotong memanjang lalu dilipat). Saya dan Ahaddin adik saya selalu berebut minta langitan-lapisan bagian teratas yang timbul ketika bubur sumsum telah dingin (mirip seperti vla yang tidak diaduk dalam proses pendinginannya).

Selain bubur sumsum, ibu itu juga membawa jenang ketan ireng (bubur ketan hitam), jenang mutiara dan jenang grendul ini. Demi nostalgia, saya mencoba membuatnya sendiri karena di Kalimantan tempat saya tinggal saat ini tentunya tak ada yang menjual bubur unik ini. Semua pakai kira-kira, maaf ya... Diuji ulang dengan gramasi.

Jenang Grendul
by Afifah

Bahan Grendul :
200 gr Tepung Ketan Putih
175 ml - 200 ml Air(tergantung kadar air tepung)

Bahan Jenang:
250 gr Gula Merah
50 gr Gula Putih
Daun Pandan
Sejumput garam
100 gr Tepung tapioka/sagu (larutkan dengan air)
1lt Air

Saus Santan, didihkan sambil diaduk jangan sampai pecah :
500 ml Santan sedang
Garam
Daun pandan


Cara membuat:
Grendul : Campur semua bahan, tuang air pelahan-lahan sampai adonan bisa dipulung (air tidak perlu dihabiskan jika sudah bisa dipulung). Bulatkan kecil-kecil. rebus bulatan dalam air gula yang telah disaring sampai mengapung dan matang sempurna.

Jenang: Rebus air, gula merah, putih, pandan dan garam sampai mendidih, saring untuk menghilangkan kotoran. Masukkan lagi dalam panci, masukkan bulatan grendul, masak sampai mengapung. Tuangi tepung tapioka/sagu yang telah dilarutkan dengan air, aduk rata. Atur kekentalannya, tekstur seperti lem. Masak sampai meletup. Angkat. Hidangkan dengan saus santan.

***



 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah singgah. Jangan lupa tinggalkan jejak ya.
Thank you for reading. Please leave a comment.