Wednesday, January 15, 2014

Simple Cheese Cake Out Of Leftovers

Setoran perdana di Cheese Week nih. Terinspirasi resep cheese cake dari Allrecipes.com.Namun apa daya, tinggal di desa antah berantah membuat bahan-bahan yang agak antik jadi susah didapat. Berbekal seluruh leftover biscuits dari semua toples di rumah dan sour cream yang cuma 1 pack, jadilah cuma setengah resep. Tambahan, terimakasih Bu Vivi Liong yang sudah menularkan resep krimcis gadungannya ya...   

Simple Cheese Cake
Resep Dimodifikasi oleh : Afifah Z 

Bahan :
A. Base
* Leftover biscuits (bisa biskuit apa saja), secukupnya, hancurkan sampai beremah halus.
* 3 sdm butter, lelehkan

B. Krimcis
*100 gr keju cheddar
* 50 gr keju edam
* 100 ml susu cair

C. Cheese Cake
* 1 cup gula halus
* 2 bt telur
* 1 sourcream
* 1 sdt vanili

D. Topping
* Bluberry jam

Cara Membuat:
1. Panaskan oven 150 C, siapkan loyang uk 22*22 cm, alasi dengan kertas roti, oles butter atau margarin. Campur remahan biskuit dengan butter cair, padatkan di dasar loyang. (ralat, langkah ini lupa dituliskan pada edisi sebelumnya).

2. Krimcis, Parut halus keju, masukkan dalam wadah tahan panas, kukus 10  menit bersama susu. Aduk rata, matikan api, biarkan dalam kukusan selama 7 - 10 menit. Angkat, tunggu dingin.

3. Kocok gula halus dan Krimcis yang sudah dingin sampai gula larut dan berkrim. Turunkan kecepatan mixer sampai speed 1. Masukkan telur satu persatu. Jangan menambahkan telur yang ke dua sebelum yang pertama tercampur rata. 

4. Tambahkan sour cream dan vanili, campur rata. Matikan mixer. Tuang ke dalam loyang, panggang dalam oven selama sekitar 45 menit  - 1 jam.

5. Kue akan terlihat cair terus. setelah kue terlihat semakin sedikit bergerak (jiggle) merata di bagian atas ketika digoyang, berarti kue sudah matang. Keluarkan dari oven, sisipkan pisau di pinggiran loyang - seperti saat kita akan mengeluarkan kue dari loyang - biarkan dingin sempurna. Jangan mengeluarkan atau membalik kue dalam keadaan panas atau hangat karena adonan cheese sangat lembek.
  
6. Setelah dingin, potong dan hidangkan kue dengan topping selai / saus sesuai selera. Di foto saya menggunakan selai bluberi. 

=> Jika menggunakan cream cheese asli diperlukan sekitar 8 ounce (240 ml).
=> Jika ingin cepat dingin, masukkan cheese cake beserta loyangnya ke lemari es setelah hangat / uap panasnya hilang.


Definitely need food photography lesson!!! 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah singgah. Jangan lupa tinggalkan jejak ya.
Thank you for reading. Please leave a comment.