Wednesday, October 19, 2011

Pancake Putih Telur

Hari Sabtu minggu lalu, pagi-pagi kelaparan. Nasi belum matang, persediaan roti tawar habis, gak ada cemilan sama sekali!! (Istri malas yang tidak pantas ditiru, wkwkwkkwkwk....).
Buka kulkas, eh nemu putih telur sisa bikin pastel abon entah kapan. Pikir punya pikir, muncullah ide bikin kue dadar alias pancake. Tak disangka, hasil akhirnya menul-menul alias empuuuukkkk buanget... Dan yang ajaib, sampai besok paginya, pancake yang tersisa masih selembut ketika baru diangkat dari wajan.

Bahannya;
1 cup tepung terigu segitiga
3 butir putih telur dikocok dengan 7 sdm gula pasir
1 sdt ragi (saya pakai fermipan - jangan terlalu banyak supaya tidak asam)
1/2 sdt garam halus
1 1/2 cup susu cair
2 sdm margarin dilelehkan.
Cara membuat:
  • Campur tepung dan ragi. aduk rata. Masukkan sebagian susu cair, aduk perlahan, jangan sampai ada tepung yang bergumpal.
  • Masukkan kocokan putih telur dan garam, aduk rata. Masukkan margarin leleh yang sudah dingin. Biasanya adonan akan mulai lebih cair. Tambahkan sisa susu cair. Hati-hati, jangan sampai terlalu cair. Diamkan sekitar 5 - 10 menit.
  • Panaskan wajan dadar, tuang adonan satu sendok sayur, tunggu sampai muncul lubang-lubang di permukaannya lalu balik dan tunggu sampai kecoklatan. 
Note : Akan ada sebagian warna kue yang tetap berwarna putih tapi itu bukan karena kue belum matang. Memang warna adonannya yang pucat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah singgah. Jangan lupa tinggalkan jejak ya.
Thank you for reading. Please leave a comment.